RSS

Biografi Thomas Alva Edison Penemu Bola Lampu

10 Jan
Biografi Thomas Alva Edison Penemu Bola Lampu

Biografi Thomas Alva Edison Penemu Bola Lampu | Thomas alva edison merupakan orang yang sangat berpengaruh dalam perkembangan kehidupan sampai saat ini karena berkat kejeniusannya, banyak teknologi yang kita gunakan merupakan ide dan gagasan beliau. Thomas alva edison lahir pada tanggal 11 februari 1847 di milan, italia dan meninggal di usia 84 tahun pada tanggal 18 oktober 1931.

biografi thomas alva edison

Walaupun lahir di italia, thomas alva edison besar di amerika serikat karena pada tahun 1854 kedua orang tuanya harus pindah ke amerika. Saat masih sekolah, thomas alva edison dianggap sebagai murid yang selalu tertinggal dan juga tidak berbakat, oleh karena itu thomas alva edison hanya bersekolah selama 3 bulan. Ibu thomas alva edison pun akhirnya memutuskan untuk mendidik anaknya sendiri di rumah. Sejak kecil, thomas alva edison sudah memiliki rasa ingin tahu yang besar, bahkan saat masih kecil beliau sudah membuat laboratorium sendiri yang berada di ruang bawah tanah rumahnya. Di tempat itulah thomas alva edison melakukan percobaan-percobaan. Selain itu, thomas alva edison kecil juga mampu membuat sebuah mesin telegram walaupun bentuknya masih sederhana.

Untuk mebiayai percobaan-percobaan yang dilakukannya, thomas alva edison bekerja sebagai penjual koran dan juga makanan ringan di kereta api. Agar waktunya tidak terbuang, thomas alva edison membuat sebuah laboratorium kecil di salah datu gerbong kereta api atas ijin dari pihak perusahaan kereta api yang bersangkutan. Di tempat itulah setelah bekerja, thomas alva edison melakukan percobaan-percobaan. Pada tahun 1861, thomas alva edison mengalami sebuah kecelakaan yang membuat pendengarannya terganggu, namun bagi thomas alva edison keadaan ini sangat menguntungkan karena dapat fokus pada penelitian dan percobannya tanpa harus mendengarkan hal-hal yang mengganggu konsentrasinya. Pada tahun 1868, thomas alva edison bekerja di sebuah instansi sebagai operator telegraf, disinilah thomas alva edison berhasil membuat sistem interkom elektrik.


Hak paten yang didapatkan pertama kali oleh thomas alva edison adalah alat electric vote recorder, namun alat ini tidak diminati oleh masyarakat sehingga thomas alva edison membuat percobaan-percobaan baru yang dapat menarik masyarakat. Penemuan pertama thomas alva edison yang laku dijual adalh stock tiker yang beliau jual kepada sebuah perusahaan dengan harga 40.00 dolar. Uang hasil penjualan tersebut beliau gunakan untuk membangun sebuah perusahaan dan juga laboratorium di new jersey, amerika serikat.

Di sinilah thomas alva edison menghabiskan waktunya untuk melakukan penelitian dan juga percobaan. Pada tahun 1877, thomas alva edison berusaha memecahkan masalah yang saat itu sedang banyak dilakukan oleh para peneliti, yaitu membuat sebuah lampu pijar. Thomas alva edison melakukan banyak sekali percobaan sebelum akhirnya berhasil membuat lampu pijar pertama yang mampu menyala selama 40 jam. Selain penemuan tersebut, masih banyak lagi penemuan-penemuan yang berhasil dibuat oleh thomas alva edison.demikian informasi mengenai Biografi Thomas Alva Edison Penemu Bola Lampu semoga bermanfaat, dan anda juga bisa melihat Profil Bj Habibie

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 10 Januari 2014 in Inspirasi, Tokoh Internasional

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: